ARTIST: Pongki Barata
Ada Kamu Disini

Produced by Pongki Barata
Co-Produced by Ryan Nugroho
Guitars: Andre Harihandoyo
Bass: Moko
Keyboards: Tommy Widodo dan Ryan
Drums: Tony Saputro
Recorded at: RR studio, HB Studio
Mixed by Suryanto @RR studio

ADA KAMU DISINI

DISAMPINGMU ,AKU MERASA TENANG
SEPERTINYA, TAK ADA YANG KUTAKUTKAN

DIDEKATMU KUTEMUKAN ARTI TERANG
KAU HANGATKAN, GELAP DINGIN NYA MALAM

REFF:
SAAT BERJALAN MENITI HIDUP
AKU TAK LAGI SENDIRI
DIWAKTU LANGIT JATUH DAN RUNTUH
ADA KAMU DISNI
SAAT BERTARUNG MELAWAN HIDUP
AKU TAK LAGI SENDIRI
DISAAT HARAP PUDAR DAN LURUH
ADA KAMU DISINI

8 album bersama Jikustik, 3 Album bersama The Dance Company, dan merilis 4 single bersama dalam format Duo bersama istri saya Sophie Navita, belum saya rasa cukup dalam menyumbang karya untuk musik Indonesia. Karir saya sebagai penyanyi solo baru dianggap resmi setelah saya merilis album Sunrise ditahun 2011 (Nagaswara records).
Karir solo merupakan tantangan baru buat saya melangkahkan kaki di industri musik Indonesia ini. Dari album Sunrise lalu anda bisa menikmati lagu lagu saya seperti : Aku Milikmu Malam Ini. I Miss U, dan Kau,Selalu yang video klipnya sudah bisa kalian lihat di You Tube.
Di album Meets the Stars ini saya berkeinginan untuk melanjutkan karir solo saya. Maka dimasukkanlah lagu ini. Ada Kamu Disini.
Lagu ini bercerita tentang hubungan antar manusia yang tidak bisa sendiri: No man is an island. Semuanya saling membutuhkan, terkoneksi satu sama lain. Dalam pecintaan, ada saatnya kita menemukan satu sosok pendamping yang bisa merubah hidup kita dan membuat kita bertahan di saat saat sulit. Dalam persahabatan, dan dalam keluarga pun berlaku hal yang sama. Tidak hanya itu, disaat kita kira kita benar benar sendiri, ada Tuhan yang selalu menjaga dan melindungi kita.
Merumuskan itu dalam satu lagu adalah hal yang lumayan sulit buat saya, tapi itulah tantangan nya. Buat saya semakin menantang, semakin menarik dan membuat saya semakin bergairah menulis.
Saya ingat , setelah anak anak pergi tidur, dan istri saya sedang sibuk dengan laptopnya, saya pergi ke studio di belakang rumah, dengan maksud ingin bermain gitar sejenak sebelum tidur. Tapi seperti yang sudah sudah, , maksud hati hanya ingin bermain gitar 5 menit, malah menjadi 10 menit dan menjadi 20 menit dan keterusan hahaha..
Kebetulan tema lagu ini sudah menempel terus di otak saya dan saya rasa ini kesempatan yang bagus untuk dikeluarkan. Bagian pertama yang saya anggap ‘jadi’ adalah bagian Refrain nya, baru kemudian baitnya. Tapi lirik belum bisa ketemu dengan penuh, masih coret-coretan saja. Satu kalimat yang saya ulang ulang terus adalah “ Ada kamu disini..”. selebihnya belum sempurna.
Keesokan harinya saya lanjutkan untuk menyempurnakan liriknya, dan baru bisa selesai sesuai yang saya mau. Memang terkadang otak tidak bisa dipaksakan untuk berpikir apabila sudah lelah. Saya bersyukur mood yang ada tadi malam bisa berulang lagi paginya.
Ketika akan merekam lagu ini, beberapa hari kemudian, saya sempat kehilangan suara saya akibat flu yang parah. Terpaksa pengambilan suara harus ditunda sampai dirasa membaik. Tanpa disangka sambil menunggu masa penyembuhan, saya tergerak untuk mengotak atik lirik lagunya lagi, supaya lebih memuaskan. Versi perubahan lirik yang ketiga inilah yang saya pilih untuk direkam. Lirik versi ini lebih simple, tidak terlalu puitis, dan pendek. Dari dulu saya kurang suka menghapal lirik panjang panjang he hehe.

Fun notes:
1. Penggarapan music untuk lagu ini , saya dibantu oleh arranger muda Ryan Nugroho, mantan vokalis Potenzio band, dan kebetulan adalah tetangga saya. He helped me with the basic arrangement of the song.
2. Gitar dimain kan oleh Andre Harihandoyo, salah seorang pemain singer/songwriter yang saya kagumi karya karyanya. Saya berkenalan dengan dia disebuah forum gitaris.
3. Lirik ‘di waktu langit jatuh dan runtuh’ terinspirasi dari komik Asterix yang terjemahan Bahasa Indonesia.
4. Pemain bass dilagu ini adalah Moko, teman saya bermain musik di gereja , apabila saya sedang diminta untuk bertugas sebagai pelayan musik saat kebaktian.
5. Lagu ini masih memiliki keterkaitan dengan lagu Stay Close..ada yang tau dibagian apa? Silahkan cari tau yaa he he he

foto2_ada_kamu_disinifoto1_ada_kamu_disini

Dapatkan album Pongki Meets The Stars di KFC terdekat

Copyright © 2014 Pongki Barata Music. All Rights Reserved.