ARTIST: Astrid feat. Pongki Barata
Bahagia Melihatmu Dengannya

produced by Pongki Barata
Arranged,Keyboards and Programming : Koko Chandradinata
Guitars : PongkiBarata
Recorded at RR studio
Mixed by : Irsan at National studio

BAHAGIA MELIHATMU DENGANNYA
Ciptaan: Pongki Barata

Kau temukan lagi
Seseorang yang bisa
Menjadi pendampingmu
Saat kau lemah

Dia ‘kan mencoba
Membuatmu bahagia
Dan menjadi penopang
Saat kau lelah

Disaat kau merasa
Lamah tak berdaya
Dia ‘kan mencoba
Memelukmu dengan hatinya

Reff:
Kuingin engkau percaya
Bahwa kubahagia melihatmu dengannya
Kuminta tetaplah setia
Karena kubahagia melihatmu dengannya

Tak ada lagi yang kutakutkan
Dari kehilangan ini
Kutetap berdiri

Belakangan ini sering terdengar istilah ‘Aku ra pop o’ . Istilah berbahasa Jawa itu bila diartikan ke Bahasa Indonesia berarti : Aku tak apa apa atau aku baik baik saja. Istilah ini begitu populer digunakan dalam pergaulan sehari hari ataupun di social media.

Ketika membuat album ini, salah satu ketakutan saya adalah lagu lagu lama saya akan terdengar kuno dan tidak up to date, baik dari segi musik maupun liriknya. Sampai akhirnya saya membaca ulang judul lagu ini. Bahagia Melihatmu Dengannya.
Lagu yang diciptakan tahun 2004 ini , adalah lagu yang disiapkan untuk album Pagi-Jikustik yang dirilis di tahun yang sama. Bercerita tentang kerelaan hati seorang pria yang merelakan kekasihnya bersama orang lain. Kerelaan itu ia gambarkan dengan perasaan bahagia. Dia merasa itulah jalan terbaik untuk semua pihak. Aku ra popo.

Di versi aslinya, lagu ini saya nyanyikan berduet dengan Icha, rekan satu band semasa di Jikustik. Tapi untuk album ini, lagu ini dinyanyikan berdua dengan Astrid.

Nama Astrid adalah pilihan pertama saya dan label. No doubt about it. Astrid sendiri sangat bersinar di karirnya sebagai penyanyi solo. Sebenarnya saya sudah lama mengenal astrid, tapi pertemuan kami menjadi intens ketika kami sama sama menjadi juri (Rio Febrian juga) untuk salah satu ajang pencarian bakat boyband/girlband di Antv. Maka ketika saya berkeinginan lagu ini dinyanyikan wanita, saya memilih Astrid yang memiliki suara yang unik. Saya perlu suara yang unik agar ketika si penyanyi itu menyanyikan bait pertamanya saja, pendengar sudah bisa mengetahui siapa dia. Astrid sangat memenuhi syarat.apalgi Astrid sendiri , ketika saya hubungi sangat berminat membantu, walaupun dia belum tau lagunya ha ha ha….. Tapi sayang nya..ketika saya menghubungi pihak Sony Music Indonesia, dimana Astrid bernaung, kami mendapat jawaban: Tidak bisa. Alasannya( sebenarnya cukup masuk akal); Astrid baru saja merilis album baru, dan sedang sibuk mempromosikan singel terbarunya. Label ingin Astrid fokus ke itu dulu.

Saya coba menghubungi beberapa penyanyi lain, ada yang menjawab sibuk, atau tidak cocok dengan lagunya bahkan ada juga yang sampai saat ini tidak memberi jawaban apapun seakan akan saya hanya main main saja menawarkan ini hahaha..well, you know what? Aku ra popo ! hahahaha.

Akhirnya saya sampai pada titik bosan mencoba yang lain, saya pikir, kalau memang saya maunya Astrid, ya mestinya Astridlah yang harus menyanyi. Akhirnya melalui pembicaraan yang panjang dengan labelnya (yang ternyata ada miskomunikasi dalam internal mereka)..Astrid diperbolehkan terlibat di album ini, dengan syarat lagu yang dinyanyikan Astrid ini tidak menjadi single pertama yang dipromosikan. Fair enough..Selamat datang Astrid!

Fun notes:
1.  Astrid sama sekali tidak tau lagu ini sebelumnya, tapi dia terkesan dengan cara saya menyanyikan lagu ini. Katanya suara saya TERNYATA bagus hahahahahahah
2. Sebelum membuat arransemen lagu, biasanya saya harus menemui artis tersebut untuk mengambil nada dasar. Pengambilan nada dasar dilakukan di kantor dimana suami Astrid (Arlan) bekerja. Astrid datang membawa anaknya, dan Astrid sendiri dalam kondisi flu berat, semantara besoknya Astrid harus ke Malaysia. Salut untuk pengorbananmu cid!
3. Ketika memutuskan bahwa lagu ini akan diarransemen menjadi lebih nuansa disko, saya yakin ada orang yang lebih baik melakukannya daripada saya. Saya ajak Koko, keybordis group JabalRootz , dimana Baim adalah drummernya.
4. Saya kesulitan berduet dengan Astrid di lagu ini, karena nada dasar astrid lebih tinggi dari saya. Sedikit merepotkan tapi fun, harus putar otak biar harmonis.
5. Suara gitar dilagu ini ditambahkan sesaaat sebelum mixing akan dilakukan. Dadakan !

IMG_8773

 

Dapatkan album Pongki Meets The Stars di KFC terdekat

Copyright © 2014 Pongki Barata Music. All Rights Reserved.