ARTIST: Pongki Barata & Sophie Navita
Setia (Duet Version)

Produced by Pongki Barata and Sophie Navita
Co-produced by Tommy Widodo
Keyboards and programming : Tommy Widodo
Guitars : Aldy Kanda
Drums: Tony Saputro
Recorded at : RR studio, HB studio
Mixed by Josep Manurung @blessing studio

SETIA
Ciptaan: Pongki Barata

Deras hujan yang turun
Mengingatkanku pada dirimu
Aku masih di sini untuk setia

Selang waktu berganti
aku tak tahu engkau di mana (oh…)
Tapi aku mencoba untuk setia

Sesaat malam datang
Menjemput kesendirianku
Dan bila pagi datang kutahu
Kau tak disampingku…

Aku masih di sini untuk setia

 

Saya dan Sophie mempunyai kebiasaan untuk merilis satu single duet setiap tahun nya. Biasanya kami menggunakan momen ulang tahun pernikahan kami.

Di tahun 2012 kami merilis I Love You. Tahun 2013 kami merilis Stay Close. Keduanya kami rilis via email saja. (cerita mengenai rilisan lagu via email ini ada di kolom SONG: Stay Close). Ditahun 2014 kami berencana merilis lagi lagu duet kami, yaitu Setia. Lagu lama saya bersama Jikustik dulu. Tetapi kami rasa saat itu, merilis lagu via email sudah tidak lagi menarik. Selain itu, pegawai saya yang biasa membantu saya dalam membalas email email ini, baru saja resign. Alhasil lagu Setia versi duet ini belum bisa terurus.

Ide untuk merekam lagu Setia secara duet ini sebenarnya muncul dari seringnya saya dan Sophie bekerja bersama di panggung. Sering kali klien meminta saya untuk menyanyikan lagu berduet dengan Sophie. Apalagi untuk acara pernikahan, dimana lagu Setia sering sekali kami nyanyikan live berdua. Dari situ muncul ide untuk merekam lagu Setia ini

Ketika saya mulai mengerjakan album Meets The Stars ini, muncul ide untuk memasukkan lagu Stay Close kedalam album. Kami pun lalu teringat bahwa lagu Setia juga belum dirilis. Maka kami memutuskan untuk memasukkan juga lagu Setia kedalam album ini.

Sempat terjadi dilema, karena label menginginkan lagu Setia dinyanyikan oleh Mike Mohede (sesuai konsep awal). Beruntung label Music Factory termasuk label yang terbuka akan pemikiran pemikiran baru. Mereka juga merasa, tidak ada salahnya juga memasukkan 1 lagu yang sama,tapi berbeda versi dalam satu album.

Lagu Setia versi Mike Mohede dan Setia versi duet, memiliki pendekatan yang berbeda. Perlakuan terhadap lagunya juga berbeda. Sehingga versi satu dan yang lain nya tetap bisa dinikmati dengan masing masing suasana yang berbeda.. Versi Mike lebih digital dan pendekatan menyanyinya lebih ke R n B dan soul, dinikmati dengan suasana kesendirian. Sedang kan gaya menyanyi saya dan Sophie lebih ke Pop ballad, cocoknya buat mereka yang sedang kasmaran : ).

Lagi lagi saya harus menyanyikan dengan nada dasar Sophie yang relatif tinggi buat saya. Memang perlu banyak berlatih untuk bernyanyi dluar nada dasar yang saya kuasai. But it was fun, so I think I can manage ..lagunya jadi agak nge-rock ha ha ha

Fun notes:
1. Nada dasar Setia di album Jikustik do = F ..versi saya live do = G, sedangkan di versi duet do = C
2. Video klip lagu Setia versi duet ini dilakukan satu hari berbarengan dengan syuting video Stay Close. Syuting 2 klip dalam 1 hari.
3. Menurut catatan saya, lagu Setia sudah dibuat sebanyak 10 versi, dari sejak pertama kali dirilis.

 

foto2_setia_duetfoto_setia_duet

 Dapatkan album Pongki Meets The Stars di KFC terdekat

Copyright © 2014 Pongki Barata Music. All Rights Reserved.